Minggu, 25 November 2012

Khotbah Penghiburan CR7


 Hendry Khotbah

Wahyu 14:13  Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."
Saya mempunyai sebuah pengalaman dulu ketika saya mendengar kata mati atau meninggal terlintas dipikiran saya bahwa hal itu adalah hal yang mengerikan dan hal yang paling menakutkan. Saya merasa tidak akan ada lagi orang yang menemani saya dan saya akan sendiri. Saya akan diantar ke tempat yang saya takutkan yaitu kuburan, di sana saya akan bersama-sama dengan orang mati lainnya dan satu hal yang paling saya takutkan ialah saya tidak akan bertemu lagi dengan orang-orang yang saya kasihi. Hal ini terus-menerus menghantui pikiran saya. Jujur pada saat itu saya merasa sangat takut ketika diperhadapkan dengan kematian.
Dalam nast yang sudah kita baca berbicara mengenai penglihatan Yohanes tentang bagaimana orang yang meninggal di dalam Tuhan, dengan jelas dikatakan bahwa setiap orang yang meninggal di dalam Tuhan akan memperoleh kedamaian dan dapat beristirahat dengan tenang karena perbuatannya yang kita yakini dapat menyenangkan hati Tuhan. Ini merupakan suatu penguatan bagi kita saat ini yang ditinggalkan oleh saudara kekasih yang telah kembali ke pangkuan Bapa di sorga. Tentu bagi kita tidak mudah atau sulit rasanya melepaskan kepergian orang yang kita kasihi dan kita cintai. Bahkan tidak rela rasanya melepas kepergiannya karena rasa cinta kita yang sangat dalam. Kepergian orang yang kita cintai merupakan hal yang paling menyakitkan bagi kita, sekarang ia pergi untuk selamanya dan satu hal yang paling menyakitkan ialah kita tidak akan bertemu dengannya lagi. Sungguh merupakan hal yang luar biasa sulit dilakukan. Biasanya banyak hal yang kita lakukan bersama-sama, namun sekarang semuanya berbeda. Ia yang pernah mendampingi kita melakukan sesuatu sekarang tidak lagi, ia yang selalu ada bersama kita sekarang sudah tidak ada lagi.
Kematian merupakan suatu hal yang tidak dapat kita hindari, setiap orang pasti akan mengalaminya. Ada waktu kita dilahirkan dan ada pula waktu untuk kita dipanggil pulang oleh Sang Pencipta. Namun ada begitu banyak orang yang tidak siap bahkan takut menghadapi kematian termasuk saya dalam pengalaman yang pernah saya alami. Tetapi pada saat ini saya tidak takut lagi akan kematian, karena ada janji Allah yang selalu memberikan kekuatan bahkan keberanian bagi saya untuk menghadapi hal yang ditakutkan itu. Karena dengan iman kita kepada Yesus, kapanpun, di manapun atau dengan apapun kita diperhadapkan dengan kematian yakinlah, kita pasti akan diselamatkan dan mendapat tempat yang indah bersama Bapa di sorga. Begitu pula dengan kita saat ini, terlebih bagi keluarga yang ditinggalkan memang tidak mudah melewati hal seperti ini. Tetapi satu hal yang harus kita ingat orang yang kita kasihi telah pulang, ia tidak pulang ke tempat yang tidak jelas melainkan ia pulang ke pangkuan Bapa di sorga. Sekarang ia sudah tenang, ia sudah melepaskan segala jerih lelahnya dan sekarang ia ada bersama-sama dengan Bapa kita di sorga yaitu Tuhan kita Yesus Kristus.
Bagi kita orang yang percaya kepada Kristus, kematian bukanlah merupakan hal yang menakutkan tetapi justru merupakan hal yang indah, karena saat kematian kita boleh bebas dari segala bentuk penderitaan yang ada di dunia ini. Dunia ini penuh masalah dan penderitaan. Tetapi ada satu tempat di mana sama sekali tidak ada masalah dan penderitaan yaitu sorga yang kekal. Jadi kematian bukan akhir dari segalanya, tetapi awal dari suatu kehidupan yang baru, kehidupan yang penuh dengan kebahagiaan yang kekal bersama dengan Tuhan kita Yesus Kristus. Kiranya melalui firman Tuhan kita bisa dikuatkan dalam menghapi kedukaan dan lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Amin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar